Pembayaran bisa melalui Indomaret, Alfamart dan Alfamidi

Tips Belanja Online yang Aman

11 Tips Belanja Online yang Aman Agar Tidak Tertipu

5/5 (1)

Saat ini, teknologi merubah gaya hidup manusia jauh lebih berbeda. Jika sebelumnya anda harus mencari barang yang dibutuhkan pada tokok maka berbeda dengan yang sekarang. Di era saat ini, cukup berada di rumah dan klik pada smartphone saja sudah dapat menemukan produk yang diperlukan. Kemudahan dalam belanja semakin terasa dengan hadirnya sistem bisnis online. Bahkan, anda tidak perlu keluar rumah untuk membayarnya cukup dengan satu klik saja maka barang yang diperlukan akan sampai dirumah. Namun, tentu anda harus tetap memahami tips belanja online yang aman.

Cara supaya belanja online tidak tertipu sangatlah dibutuhkan. Sistem belanja online memang memberikan kemudahan dan pengalaman yang lebih berbeda. Banyak dari toko online yang menjanjikan layanan berbelanja dengan aman. Namun, sebagai konsumen alangkah baiknya untuk dapat berbelanja online dengan penuh kecermatan. Hal ini dikarenakan sudah maraknya kasus yang terkait dengan penipuan. Tentu, penipuan yang memiliki kedok sebagai penjual secara online.

Situs Toko Kaukah sekaligus penulis artikel ini sudah berkomitmen akan melayani konsumen dengan baik dan nyaman, yang tentunya semua transaksi akan aman. Baca terus lebih jelasnya mengenai tips belanja online yang aman dan nyaman.

Beberapa Tips Belanja Online Yang Aman

Sebelum melakukan pembelanjaan secara online, ada baiknya anda dapat memahami tips saat belanja online dengan lengkap.

1. Tidak Sembarang Memberikan Informasi

Tidak Sembarang Memberikan InformasiTips belanja online yang aman pertama yaitu tidak sembarang memberikan informasi. Pada umumnya, ketika anda melakukan transaksi pembelian maka anda harus mengisi alamat dan keterkaitan dengan data diri. Namun, ada baiknya untuk membaca dengan cermat pertanyaan yang diberikan.

Jika dirasa pertanyaan yang diberikan tidak jelas dan terarah lebih baik untuk tidak mengisinya. Mengapa demikian? Sudah banyak sekali kasus penyalahgunaan data diri yang diakibatkan dari hal tersebut. Jika anda menemukan pertanyaan yang kurang tepat sebaiknya tanyakan maksud dari pertanyaan tersebut.

2. Jaga Password dengan Baik

Jaga Password dengan BaikTips belanja online kedua yaitu dengan membuka situs belanja online dengan log-in terlebih dahulu. Menjaga password sangat diperlukan untuk menghindari adanya hal-hal buruk yang kemungkinan dapat terjadi. Selain itu, gunakanlah password yang tidak mudah untuk ditebak oleh orang lain. Buatlah password yang merupakan kombinasi dari banyak hal. Anda juga dapat melakukan pergantian password setiap bulannya agar lebih aman lagi. Jangan pernah memberikan password kepada siapapun, dan selalu jaga dengan baik.

3. Lakukan Research Mengenai Situs

Lakukan Research Mengenai SitusTips belanja online yang aman ke tiga yaitu melakukan research mengenai situs. Sudah pasti, salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan melakukan research. Hal ini cukup membantu untuk membuat kepercayaan terhadap situs yang akan dilakukan pembelian produk. Cara melakukan research sendiri dengan memanfaatkan google dan melihat ulasan yang terdapat di internet. Jika situs tersebut sudah memiliki banyak pencarian maka akan lebih mudah untuk ditemukan. Pastikan bahwa situs belanja online aman dan dipilih memiliki kualitas terbaik.

4. Jangan Mudah Tergoda Barang Murahan

Jangan Mudah Tergoda Barang MurahanBiasanya, banyak sekali masyarakat yang terlalu mudah untuk tergoda pada barang yang murah. Faktanya, barang yang memiliki harga murah sudah pasti akan banyak dicari oleh masyarakat. Namun, anda tetap harus berhati-hati terhadap seorang spammer yang dapat memanfaatkan moment tersebut. Bagi spammer, hal seperti ini menjadi pancingan yang cukup manis. Tetap berhati-hati saat dimintai password maupun nomor telephone yang terdaftar pada situs belanja online.

5. Tanda Situs yang Aman

Tanda Situs yang AmanCara supaya belanja online tidak tertipu yaitu dengan melihat tanda situs. Saat ini, anda dapat menemukan online shop yang sudah baik maka hanya perlu melihat pada bagian kiri dari link situs tersebut. Biasanya, terlihat tanda berupa gembok yang berwarna hijau. Jika sudah berwarna hijau berarti memiliki tingkat kepercayaan yang baik. Sedangkan untuk situs yang tidak aman akan memiliki tanda x dengan warna yang merah. Tentu, anda harus memahami hal ini sebagai modal utama untuk menentukan apakah situs online tersebut recomended.

6. Teliti Sebelum Membeli

Teliti Sebelum MembeliBanyak sekali kasus yang berkaitan secara langsung dengan online shop. Salah satu hal yang harus dilakukan yaitu dengan teliti sebelum membeli. Saat anda membeli barang maka harus melihat detail dari barang yang anda beli. Terutama dalam beberapa hal yang berkaitan seperti ukuran yang ditentukan. Untuk sepatu sendiri biasanya memiliki ukuran untuk indonesia dan ukuran pada negara lainnya. Karena itulah diperlukan ketelitian sebelum membeli agar tidak terlalu besar maupun kekecilan dalam penggunaanya.

7. Simpan Salinan Chating

Simpan Salinan ChatingBukan tidak mungkin, terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dan seseorang membutuhkan bukti. Berkas yang terkait dengan perjanjian maupun proses negosiasi jelas dilakukan backup. Tips belanja online yang aman ini untuk menghindari online shop yang buruk. Dalam dunia online, bisa saja satu sama lain menjadi pembunuhnya. Untuk melakukan penyimpanan chating ini sendiri sangatlah mudah. Terlebih bagi anda yang menggunakan whatsapp maka akan jauh lebih mudah.

8. Menyimpan Bukti Transaksi

Menyimpan Bukti TransaksiCara supaya belanja online tidak tertipu yang ke delapan yaitu dengan menyimpan bukti transaksi. Beberapa orang tentu masih melakukan pembelian secara online yang membayarnya melalui atm. Karen aitu, mesin atm sendiri sangat membantu untuk memberikan struk yang sesuai dengan transaksinya. Simpan bukti transaksi yang ada sebagai salah satu cara terbaik jika terdapat masalah. Bukti transaksi sendiri berupa struk yang harus anda simpan dengan baik-baik. Cara bertransaksi yang online dan aman tentu naik kereta.

9. Gunakan Metode Pembayaran yang Tepat

Gunakan Metode Pembayaran yang TepatSaat ini, tersedia berbagai macam metode pembayaran yang dapat anda gunakan. Metode pembayaran dalam online shop sendiri berbagai macam. Mulai dari paypal sampai menggunakan atm pribadi. Hal ini tentu harus dipilih secara langsung oleh anda yang memang akan melakukan transaksi. Memilih metode yang tepat sangat membantu untuk kemudahan dan keamanan dalam setiap proses pembelian. Dengan begitu, tentu belanja online menjadi lebih mudah dan tidak repot-repot lagi.

10. Lakukan Log out Setelah Membeli

Lakukan Log out Setelah MembeliTips bisnis online agar aman selanjutnya yaitu dengan log out. Dalam melakukan akses terhadap online shop, maka membutuhkan akun. Namun, setelah anda menyelesaikan proses pembayaran barang secara online. Selanjutnya anda perlu menunggu waktu untuk iot. Log out ini sangat berguna kepada mereka untuk tidak dapat mengulangi perbuatan yang sudah terekam cctv. Pastikan untuk anda melakukan log out setiap waktu sampai dengan jam yang ditentukan. Log out ini harus segera dilakukan agar tidak dijahili oleh hacker dan lainnya.

11. Matikan PC Setelah Transaksi

Matikan PC Setelah TransaksiTransaksi yang dilakukan secara online tentu memiliki keunggulan yang jauh lebih baik. PC yang dinyalakan terus menerus tentu akan fatal. Karena hal ini dapat menyebabkan datangnya virus secara tidak disadari. Hal ini tentu sangat baik untuk menghilangkan prasangka buruk terhadap diri anda. Setiap PC yang dinyalakan terus 24 jam tentu akan sangat tidak baik untuk dilakukan. Jika proses transaksi sudah dilakukan maka hanya perlu menunggu produk datang.

Begitulah pembahasan lengkap mengenai tips belanja online yang aman. Banyak sekali cara dalam bisnis belanja online yang dapat digunakan untuk menjaga sistem lebih baik. Semoga artikel cara supaya belanja online tidak tertipu ini bermanfaat. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *