Pembayaran bisa melalui Indomaret, Alfamart dan Alfamidi

Cara Membedakan Kayu Kaukah Asli dan Palsu

14 Cara Membedakan Kayu Kaukah Asli dan Palsu

4.95/5 (22)

Tidak banyak orang yang mengerti apa itu kayu kaukah. Bahkan mengetahui bahwa ini adalah jenis kayu juga tidak banyak. Kayu kokka merupakan jenis kayu-kayuan yang memang dikenal dan juga dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki tuah. Terutama untuk kesehatan dan juga keselamatan kita. Kayu kokka ini berasal dari pohon dengan nama yang sama yang mungkin jarang ditemui di Indonesia. Lalu bagaimana menemukan kayu kokka atau kaukah ini? Bagaimana cara membedakan kayu kaukah asli dan palsu mengingat keberadaannya yang jarang di Indonesia?

Jika anda pernah melihat film Lion King, anda tidak akan asing atau bisa mengingat bagaimana cirinya. Pohon kokka ini merupakan jenis pohon dengan batang yang gendut dan juga sangat besar. Jika di film Lion King, pohon kokka ini merupakan tempat tinggal si Rafiki yang merupakan monyet dan menjadi dukun dari keluarga Singa. Mau tahu selengkapnya? Yuk simak ulasan tentang pohon kokka ini!

Mengenal Pohon Kaukah dan Ciri Aslinya

Pohon kaukah atau Kokka memiliki bentuk yang unik dan besar. Pohon ini terlihat seperti umbi-umbian raksasa yang juga menjadi tempat tinggal hewan-hewan. Pohon kokka sendiri juga diambil dan dimanfaatkan bagian kayu dan juga bijinya. Pohon yang bukan diambil kayu sebagai bahan bangunan atau pajangan. Tetapi, pohon kokka ini dimanfaatkan secara supranatural dan sifatnya sugestif.

Jika dilihat dari segi sejarah, kayu kokka ini juga merupakan kayu yang menjadi bahan baku dari pembuatan kapal yang dibuat oleh Nabi Nuh di kisah Bahtera Nuh. Ada karakter yang begitu kuat dari kayu kokka ini. Beberapa diantaranya, seperti:

  1. Kayu kokka ketika sedang dipotong menjadi kecil-kecil, kayu bisa tenggelam jika dimasukkan ke dalam air.
  2. Kayu kokka memiliki warna kecoklatan.
  3. Kayu Kaukah memiliki tekstur kayu yang berserat.

Ada beberapa aksesoris dan juga kayu kokka yang bisa dibuat menggunakan kayu atau biji kokka dan memiliki nilai jual yang begitu tinggi. Sebab selain merupakan komoditi impor, jenis kayu dan juga biji kokka ini dipercaya memiliki banyaknya kekuatan yang supranatural tetapi positif. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat juga dari kayu kaukah ini. Namun untuk bisa merasakan manfaat tersebut, pastikan anda tahu bagaimana cara membedakan kayu kaukah asli dan palsu.

Cara Membedakan Kayu Kaukah Asli dan Palsu dengan Mudah

Kaukah atau Kokka atau Fuqaha dan Kuk ini sangat terkenal dan juga populer. Terutama di daratan Melayu yang termasuk Indonesia, malaysia hingga Iran. Sekarang ini Kokka hanya bisa ditemukan di wilayah Nigeria, Turki, Madagaskar dan Iran yang memiliki perbedaan dari segi tumbuhnya di hutan dan juga pesisir. Karakteristik kaukah adalah tenggelam dalam air atau tidak mengambang. Ia selalu tampak berminyak dan memiliki aroma yang khas kaukah atau kokka.

Untuk tahu bagaimana cara membedakan kayu kaukah asli dan palsu, berikut ini adalah ciri-ciri kokka yang asli. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dari kaukah asli.

  1. Kaukah asli baik kayu maupun buahnya pasti bisa tenggelam ketika dimasukkan ke dalam air dan langsung ke dasar bawah air atau kolom yang begitu dalam. Kaukah asli asli buahnya juga memiliki tanda-tanda retak. Baik itu retak secara langsung ataupun retak di dalamnya.
  2. Kaukah asli tidak selamanya berwarna coklat. Anda bisa menemukan warna lain karena memang kaukah juga ada yang berwarna putih, coklat muda, putih coklat bahkan coklat tua. Hal ini tergantung usia dan juga kualitas kokka.
  3. Tak hanya itu, kaukah asli nantinya bisa jatuh setelah berusia rata-rata 50 tahun lebih. Namun ada juga yang berumur beberapa puluh tahun dan sudah tua. Tetapi kualitasnya memang tidak begitu super. Kokka asli ada yang memiliki retak tetapi ada juga yang tidak memiliki retak sama sekali. Namun keduanya memiliki aroma yang khas.
  4. Cara membedakan kayu kaukah asli dan palsu, lihat bahwa kokka tersebut selalu berbau minyak khas kokka yang tidak bisa ditipu manapun ataupun ditiru. Kaukah asli jika anda masukkan dalam minyak goreng, kemiri dan juga minyak non alkohol maka bisa berubah warnanya menjadi coklat tua sampai kehitaman.
  5. Kaukah asli selamanya tidak pernah semakin coklat tua ataupun legam yang berkilau. Kaukah memiliki berat yang khas dan suara yang khas pula. Terutama dalam benturan sesama butirannya. Kokka asli juga direndam atau dicelup dan diolesi dengan berbagai minyak alami non alkohol akan berwarna coklat tua. Sama juga dengan yang berwarna putih yang mana bisa berubah menjadi coklat-coklat tua dan hitam.
  6. Kaukah asli setelah direndam minyak alami maka warnanya akan kembali seperti semula. Tetapi hal ini akan terlihat berubah secara perlahan dan kelihatan tua serta goresan retaknya akan semakin terlihat juga. Namun, anda tak perlu khawatir karena retaknya ini yang menjadi ciri khas. Juga menjadi cara membedakan kayu kaukah asli dan palsu yang paling mudah. Jika memang terpaksa kokka anda pecah, ambil pecahan tersebut dan tempelkan perlahan pada perekat besi.

Cara Membedakan Kayu Kaukah Asli dan Palsu yang Terbuat dari Kolang-Kaling

Perbedaan tasbih kaukah asli dan palsu

  1. Tahukah anda bahwa biji kolang-kaling yang semula berwarna putih kalau sudah dilakukan penggorengan bisa berwarna coklat tua atau kehitaman? Cara ini akan membantu anda untuk tahu bahwa kayu kaukah tersebut adalah palsu.
  2. Biji kolang kaling kalau sudah digoreng tetap akan mudah mengeluarkan jamur. Tetapi jamur ini juga akan hilang dibersihkan dengan kain halus atau lebih baik jika direndam di dalam minyak kaukah dan minyak alami lainnya. Kondisi tersebut akan membuat semakin cerah lagi warnanya dan tidak mengalami perubahan seperti kaukah yang asli.
  3. Tasbih kaukah yang palsu dan terbuat dari biji kolang kaling ini memiliki berat yang hampir sama dengan biji kaukah asli. Anda harus bisa cermat agar tidak tertipu.
  4. Cara membedakan kayu kaukah asli dan palsu dengan mudah bisa dengan dibelah. Meskipun sudah digoreng tetap di dalamnya masih berwarna putih.
  5. Tasbih kaukah atau kayu kaukah palsu yang terbuat dari kolang kaling ini jika semakin lama digunakan, warna tersebut akan berubah menjadi coklat muda serta cenderung lama kelamaan memutih.

Dari beberapa ciri tersebut, cara membedakan kayu kaukah asli dan palsu bisa lebih mudah. Sebenarnya bahan yang bisa dijadikan untuk membuat kokka palsu ini tidak hanya biji kolang kaling saja. Tetapi ada juga yang menggunakan tulang yang digoreng. Ada juga yang menggunakan biji salak, biji pocok dan lain sebagainya. Sementara untuk masyarakat awam yang belum tahu bagaimana cara membedakan kayu kaukah asli dan palsu sebaiknya anda membeli di tempat yang sudah terpercaya.

Jika kalian ingin beli kaukah di Toko Kaukah jangan khawatir. Karena kami sudah terpercaya dan bahan kami import dari arab dan dikelola di daerah kalimantan.

Dari beberapa ciri asli dan palsunya ini semoga membantu anda untuk menemukan kayu kaukah yang benar-benar asli. Cara membedakan kayu kaukah asli dan palsu bisa dilihat dari ciri warna dan aromanya. Cermati secara perlahan dan pastikan anda mendapat kayu kaukah yang asli.

6 Comments

  1. Sumini nopiyani

    Saya beli gelang kokka dg hrga 25 sampai 35. Sy tdk tau. Gelang yg sya beli asli atau palsu. Sy bener bener awam. Wanginya pun sy tdk tau. Tolong pemahaman lebih detail masalah kokka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *